FORUM GURU MUHAMMADIYAH (FGM) SRAGEN PERIODE 2023-2027

Sragen, 3 Januari 2024, Forum Guru Muhammadiyah (FGM) merupakan wadah bagi para guru-guru di Muhammadiyah untuk bisa saling berkomunikasi, silaturahmi, berbagi ilmu, dan saling bertukar informasi dalam menajadikan sekolah-sekolah Muhammadiyah yang unggul.

Dalam Pedoman Forum Guru Muhammadiyah yang di terbitkan oleh Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal PP Muhammadiyah, Forum Guru Muhammadiyah ( FGM ) didirikan di Jakarta pada tanggal 27 Jumadil Awwal 1437 H., bertepatan dengan tanggal 7 Maret 2016 M. FGM adalalah organisasi Profesi Guru di lingkungan Sekolah/Madrasah dan Pesantren Muhammadiyah yang bersifat ; mandiri, non partisan, kesetaraan dan profesional.

Forum Guru Muhammadiyah (FGM) mempunyai visi Menjadi Forum Guru Muhammadiyah yang islami, mencerahkan dan berkemajuan, sedangkan untuk mencapai visi tersebut FGM melakukan misi – misi diantaranya :

  1. Mewujudkan guru yang memiliki akhlaqul karimah dan dapat menjadi uswah di lingkungannya.
  2. Mewujudkan guru yang kreatif, kritis, inovatif, komunikatif, kolaboratif, menguasai teknologi informasi dan bermanfaat.
  3. Mewujudkan guru yang profesional, berkarakter dan mencerahkan

Pengangkatan dan pemberhentian pengurus FGM merupakan kewenangan Majelis Dikdasmen PNF Pusat, Wilayah dan Daerah sedangkan FGM sendiri beranggotakan Guru Sekolah/Madrasah dan Pesantren Muhammadiyah.

Forum Pendidikan Muhammadiyah

Forum guru Muhammadiyah jika kita baca dari buku Pedomannya maka jati diri dari FGM adalah organisasi profesi Guru di lingkungan sekolah/Madrasah dan Pesantren Muhammadiyah yang memiliki sifat Mandiri, non partisan serta kesetaraan. FGM sendiri di dirikan pada tanggal 07 Maret tahun 2016 yang diawali dari Rakornas Kepala sekolah/Madrasah dan Pesantren pada 28 Februari 2018 dan diresmikan pada tanggal 12 mei 2016, dengan ketua pertama adalah Bapak Pahri dari Malang.

Forum Guru Muhammadiyah (FGM) di dalam pedomannya menyebutkan tiga jenis pendidikan yang dilingkupinya yaitu Sekolah, Madrasah, dan Pesantren. Ketiga jenis lembaga pendidikan tersebut memang ada di Muhammadiyah dan di bawah Majelis Dikdasmen sebagai Majelis penyenggara pendidikan tersebut. Pun demikian Pesantren lebih istimewa lagi berdasar amanah Muktamar ke-47 hadirlah Lembaga Pengembangan Pondok Pesantren Muhammadiyah (LP3M) yang tentunya meningkatkan kualitas dari Pondok pesantren itu sendiri.

Majelis Dikdasmen sebagai Penyelenggara pendidikan baik Sekolah, Madrasah dan Pesantren. Dikuatkan dengan adanya Forum Guru Muhammadiyah sebagai Suport system pengelolaan pendidikan dan juga hadirnya Lembaga Pengembangan Pondok Pesantren merupakan skema terorganisir yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan kaulitas pendidikan (formal) di Muhammadiyah, yang jika kita lihat dari laman majelis dikdasmen PP Muhammadiyah terdapat 3874 Sekolah, 2181 Madrasah dan 388 Pesantren.

FGM Sragen

Masa jabatan Ketua FGM Pusat, FGM Wilayah dan FGM Daerah adalah 4 (empat) tahun dan dapat ditetapkan kembali oleh Majelis Dikdasmen PNF maksimal 2 periode. Forum Guru Muhammadiyah (FGM) Kabupaten Sragen periode pertama kepengurusannya ditunjuk oleh Majelis Dikdasmen PDM Sragen yang pada waktu itu di ketuai oleh Drs. HM. Sauman, M.Pd. FGM Sragen periode pertama di ketuai oleh Drs. Sulhan Fathoni yang merupakan guru di SMP Muhammadiyah 1 Sragen. Setelah berjalan cukup  lama dengan dinamika yang ada dan melebihi masa jabatannya, FGM Sragen mengirimkan surat kepada Majelis Dikdasmen yang berisi tentang masa Jabatan FGM yang sudah berakhir dan meminta untuk di adakan pergantian pengurus FGM Sragen.

Majelis Dikdasmen dan PNF Kab. Sragen akhirnya mengundang perwakilan SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA Muhammadiyah se- Kabupaten Sragen pada Rabu, 3 Januari 2024 bertempat di Gedung Aisyiyah Kab. Sragen dalam rangkan menindaklajuti surat permohonan FGM Kab. Sragen tersebut. Menurut ketua Majelis Dikdasmen, Suharno, SP,MSi pada kesempatan tersebut sebanyak 35 utusan baik SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA Muhammadiyah se- Kab. Sragen dari 80 an undangan yang beredar.

Acara yang di rencanakan sebagai Pergantian Pengurus FGM  Kab  Sragen Periode th 2023/2027 akhirnya berjalan lancar. Dari peserta yang hadir akhirnya berhasil menghasilkan tim formatur yang berjumlah 8 orang dari rencana awal 7 orang, tapi karena ada calon yang ke 7 dan 8 mendapat suara, akhir diputuskan untuk kedelapan orang sebagai formatur dan ditambah dari Majelis Dikdasmen.

Setelah melakukan rapat formatur , akhirnya pengurus FGM Kab. Sragen periode 2023-2027 terbentuk dengan susunan sebagai berikut :

Ketua : Murdiyanto

wakil 1 : Andi Prasetyo

wakil 2 : Drs. Sulhan Fathoni

Sek 1 : Paryanto, SPd.,MPd.

sek 2 : Nindia Candra Pratama

Bend 1 : Rusmi Rosyidah

Bend 2 : Indah Purnawati. SPd.

Koord SD/MI : Isnaini

anggota : Annas Sayyidina, SPd., Lamin Budiarso, MSi.

Koord SMP/MTS : Drs. Khusni Priyono

anggota : Musyrin Haryono, SPd., Muh. Wiyanto, SPd.

Koord SMA/MA : Fuad Ibrahim, S

Anggota : Dra. Suyatmi, Wiyono

Koord SMK : Karsi, S.Kom

anggota : Surat, SPd.

Sebagaimana tertuang di dalam pedoman, FGM berfungsi sebagai wadah komunikasi dan silaturrahim profesi Guru Sekolah/Madrasah dan Pesantren Muhammadiyah. Harapannya FGM mampu memperjuangkan guru – guru yang berada di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah sekaligus mampu menyamakan persepsi tentang Sekolah Muhammadiyah yang unggul dan berkemajuan.