
Bisnis Daring dan Pemasaran
Bisnis Daring dan Pemasaran adalah sebuah kompetensi keahlian (jurusan) yang fokus utamanya yaitu mempelajari dasar kemampuan dan keilmuan untuk bisa menjadi seorang marketing. Marketing disini bisa dimaksudkan dengan marketing secara konvensional maupun melalui media sosial daring (online/internet).
Di Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (BD & PM) siswa sekalian akan mempelajari berbagai hal penting. Hal yang akan dipelajari pada kompetensi keahlian ini yaitu kewirausahaan, strategi pasar. Selain itu siswa juga diajarkan untuk mampu membaca kemungkinan munculnya peluang dalam dunia bisnis.
Visi dari kompetensi keahliannya yaitu menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan untuk bisa bersaing di pasar tenaga kerja.
Materi-materi yang akan dipelajari pada jurusan pemasaran yaitu:
- Ekonomi Bisnis
- Marketing
- Bisnis Online
- Administrasi Umum
- Ekonomi Bisnis
- Simulasi dan Komunikasi Digital
- Administrasi Transaksi
Lulusan SMK pemasaran akan kerja sebagai karyawan magang dalam perusahaan yang bergerak dalam bidang periklanan. Namun ada juga beberapa dari mereka yang bisa bekerja di perusahaan bisnis.
Keuntungan mengambil jurusan pemasaran adalah bisa bekerja di dunia perkantoran atau bisa berwirausaha. Seorang lulusan pemasaran bisa membangun toko online sendiri baik dengan metode dropship dan lain sebagainya.
Di era digital ini bisnis daring mulai dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat. Selain itu sudah banyak juga masyarakat yang mulai menggunakan metode bisnis daring ini. Hal tersebutlah yang menjadi alasan penting bagi kita untuk paham bagaimana konsep bisnis ini.
Metode pemasaran yang paling terkenal dari kompetensi ini adalah menggunakan teknik digital marketing. Dimana kita bisa mempromosikan produk yang akan kita jual kepada banyak orang tanpa bertemu mereka secara langsung.
Tujuan Bisnis Daring Pemasaran
Ada beberapa tujuan memiliki kompetensi ini, tujuan tersebut beranekaragam satu sama lain diantaranya:
- Mampu bersaing dengan pasar tenaga kerja
- Mampu membangun bisnis secara mandiri
- Bekerja di dunia Perkantoran
- Memiliki kemampuan negosiasi (tawar-menawar) yang baik
- Menjadi marketer yang Andal
- Mengembangkan diri menjadi seorang Wiraswasta
- Menguasai Ilmu Marketing
- Bersikap Profesional dalam Dunia Bisnis
- Inovatif dan Kreatif
- Andal dalam mengatur administrasi
- Memahami prinsip dasar bersbisnis
Prosepek Kerja
Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) adalah jenis pekerjaan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI Level II jenjang SMK, antara lain:
- Tenaga Pemasaran (Sales Executive)
Ilmu pemasaran yang sudah kamu kuasai juga bisa membuatmu bekerja sebagai sales executive. Pekerjaan ini diperlukan di setiap perusahaan mengingat setiap bisnis membutuhkan orang-orang yang bekerja di posisi ini untuk memasarkan produk mereka.
- Pramuniaga
Pramuniaga dapat dipahami sebagai sebuah profesi di bidang pelayanan di sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang perniagaan dengan tugas utamanya yaitu melayani konsumen di tempat tersebut untuk membantu menemukan barang yang dicari.
- Kasir
Kasir adalah profesi yang bertanggungjawab melayani pembayaran yang dilakukan pelanggan. Setelah itu, ia juga akan melakukan pencatatan barang yang dibeli.
Disebutkan juga bahwa kasir akan selalu berhadapan langsung dengan pembeli, sehingga mereka harus memiliki skill melayani pelanggan dan mengenal produk yang dijual.
- Pengelola gudang
Pengelola Gudang adalah pihak yang melakukan usaha pergudangan, baik gudang milik sendiri maupun milik orang lain, yang melakukan penyimpanan, pemeliharaan, dan pengawasan barang yang disimpan oleh pemilik barang serta berhak menerbitkan Resi Gudang.
- Tenaga administrasi penjualan dan pembelian
Tenaga administrasi adalah salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari perusahaan. Pasalnya, posisi ini cukup memegang peranan penting bagi keberlangsungan kegiatan operasional suatu bisnis.
- Staf keuangan
Staf keuangan adalah salah satu posisi yang paling dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Seorang staf keugangan akan bertanggung jawab untuk menjaga kondisi keuangan perusahaan dengan cara mengelola keuangan dengan tepat.
- Customer service
Customer service atau layanan pelanggan adalah menyediakan informasi atau layanan terkait barang dan jasa yang diperdagangkan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal ini juga ditujukan untuk menarik minat calon pembeli. Customer service akan melayani pertanyaan, saran, juga keluhan konsumen kemudian memberikan saran yang sesuai untuk menyelesaikan persoalan konsumen dalam menggunakan produk atau layanan perusahaan.
- Pengusaha
Dengan ilmu bisnis dan pemasaran yang diperoleh siswa, ia bisa membuka bisnis sendiri dan menjalankannya. Apalagi, siswa sudah tahu bagaimana riset pasar, menyusun strategi pasar, dan membuat produk yang bagus serta memasarkannya.
- Sosial media marketing
Pesatnya perkembangan teknologi membuat pemasaran beralih ke sosial media. Itulah mengapa profesi ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan.
- Staf Digital Marketing
Dengan memilih jurusan BDP, kamu juga bisa berkarir di bidang digital marketing. Walaupun sama-sama bekerja di ranah pemasaran digital, tetap terdapat perbedaan antara staf digital marketing dan sosial media marketing.