SMK Muhammadiyah 1 Sragen addakan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang berbasis CBT

Sragen, 4 April 2024, Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) atau yang biasa dikenal Ujian sekolah merupakan bentuk evaluasi yang dilakukan pada akhir suatu jenjang pendidikan untuk menilai tingkat pemahaman dan kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Asesmen Sumatif Akhir Jenjang dilaksanakan sebagai pengganti Ujian Nasional yang telah di tiadakan oleh pemerintah yang harus dilalui oleh siswa kelas XII.  SMK Muhammadiyah 1 Sragen menyelenggarakan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang  tahun 2024 pada tanggal 1-4 April 2024 untuk Mapel Umum dan Kejuruan.

Asesmen sumatif akhir jenjang yang dilakukan oleh SMK Muhammadiyah 1 Sragen memiliki tujuan untuk mengevaluasi capaian belajar siswa selama tiga tahun belajar. Asesmen ini meliputi berbagai materi pelajaran yang telah dipelajari selama tiga tahun, mulai dari mata pelajaran umum seperti Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia, hingga mata pelajaran kejuruan seperti Administrasi Sistem jaringan, Teknologi WAN dan beberapa pelajaran kejuruan dari Kompetensi Keahlian yang lainya. Asesmen sumatif akhir jenjang di SMK Muhammadiyah 1 Sragen dilaksanakan dengan system CBT / pakai Android dengan aplikasi yang di kembangkan oleh sekolah.

Sedangkan untuk materi Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Asesmen Sumatif Akhir Jenjang dilaksanakan secara serentak dan terpusat oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah melalui Majelis Dikdasmen dan PNF melalui aplikasi Edumu.  SMK Muhammadiyah 1 Sragen memberi jaminan bahwa asesmen sumatif akhir jenjang ini dilaksanakan secara fair dan obyektif.

Hasil dari asesmen sumatif akhir jenjang ini akan digunakan sebagai acuan dalam menentukan kelulusan siswa di SMK Muhammadiyah 1 Sragen. Selain itu, hasil asesmen ini juga akan digunakan sebagai bahan evaluasi oleh pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di masa yang akan datang.

Selain Asesmen Sumatif Akhir Jenjang, SMK Muhammadiyah 1 Sragen sebagai salah satu SMK yang bernaung di bawah Yayasan Muhammadiyah juga melaksanakan Ujian untuk Mapel Agama Al Islam Kemuhammadiyah dan Bahasa Arab ( ISmuba ) secara teori maupun Ujian Praktek agama. Tujuan sangat jelas, selain membentuk lulusan yang cerdas secara akademi juga diharapkan lulusan mempunyai kompetensi di bidang agama.