Kajian Ramadhan 3 ; Kewajiban Seorang Muslim terhadap Muslim Lain yang sudah meninggal

Sragen, 30 Maret 2024, Sekitar 40 an pelajar berseragam kepanduan Hizbul Wathan di malam minggu ini nampak duduk melingkar di bawah terangnya lampu dan gelapnya langit di halaman SMK Muhammadiyah 1 Sragen. Mereka adalah para perwakilan dari SMA dan SMK Muhammadiyah yang ada di Sragen yang tergabung dalam kepanduan Hizbul Wathan.

Mereka berada di SMK Muhammadiyah 1 Sragen sejak siang, 30 Maret 2024 dalam kegiatan Ramadhan Clolourfull yang diselenggarakan oleh Dewan Sugli Daerah Kepanduan Hizbul Wathan Kab. Sragen, dan SMK Muhammadiyah 1 Sragen bertindak selaku tuan rumah kegiatan. Sebagaiamana Round down acara yang diterima oleh admin, yang kebetulan juga menjadi pemateri, kegiatan dimulai pada pukul 15.00 yakni pembukaan yang dilanjutkan materi 1 tentang Kepanduan Hizbul Wathan yang di isi oleh Bapak Drs. Khayan Karis selaku Ketua Kwarda HW Kabupaten Sragen.

Materi kedua yang di mulai pukul 20.00 – 22.00 di isi oleh Ustadz H. Surat, SPd., guru Fiqih di SMK Muhammadiyah 1 Sragen yang di beri materi tentang Kewajiban Seorang Muslim terhadap Muslim lain yang Sudah meninggal. Adapun ringkasan Materi yang di sampaikan adalah;

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم حَقُّ اَلْمُسْلِمِ عَلَى اَلْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ, وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ, وَإِذَا اِسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ, وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اَللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ, وَإِذَا مَاتَ فَاتْبَعْهُ . رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Hak muslim kepada muslim yang lain ada enam.” Beliau bersabda, ”Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam kepadanya; Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya; Apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya; Apabila dia bersin lalu dia memuji Allah (mengucapkan ’alhamdulillah’), doakanlah dia (dengan mengucapkan ’yarhamukallah’); Apabila dia sakit, jenguklah dia; dan Apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya (sampai ke pemakaman).” (HR. Muslim)

Materi selengkapnya bisa baca di sini