WORKSHOP PENYELARASAN KURIKULUM DENGAN DUNIA KERJA

smkmuh1sragen.sch.id. Sragen, 07 Agustus 2023 bertempat di Ruang Guru SMK Muhammadiyah 1 Sragen di selenggarakan Workshop Penyelerasan Kurikulum dengan Dunia Usaha dan Industri ( DUDI ). Sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan di Sragen, SMK Muhammadiyah mendapatkan fasilitas untuk menyelenggarakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siwa, salah satu kegiatan itu adalah workshop penyelarasan kurikulum dengan dunia kerja/ industri ( DUDI).
Menurut panitia penyelenggara, Kegiatan Workshop Penyelarasan Kurikulum dengan DUDI ini mempunyai tujuan :

  1. Penyelarasan Kurikulum: Workshop ini bertujuan untuk menyesuaikan kurikulum di SMK Muhammadiyah 1 Sragen dengan kebutuhan dan tuntutan dunia kerja. Hal ini dilakukan agar materi pembelajaran yang diajarkan di sekolah relevan dan sesuai dengan perkembangan teknologi dan industri terkini.
  2. Peningkatan Kualitas Pengajaran: Workshop ini memberikan kesempatan bagi para guru SMK Muhammadiyah 1 Sragen untuk memahami lebih dalam tentang perkembangan di dunia kerja dan industri sehingga mereka dapat mengajar dengan lebih efektif dan aktual.
  3. Penguatan Kerjasama dengan Industri: Workshop ini dapat menjadi wadah untuk membangun dan memperkuat kerjasama antara SMK Muhammadiyah 1 Sragen dengan PT. Optimal Sragen yang bergerak di bidang percetakan advertising. Melalui kerjasama ini, siswa dapat mendapatkan pengalaman nyata melalui magang atau praktek kerja di perusahaan sehingga mereka lebih siap menghadapi dunia kerja setelah lulus.
  4. Penyusunan Program Magang atau Praktek Kerja: Workshop ini bisa digunakan untuk merumuskan program magang atau praktek kerja bagi siswa SMK Muhammadiyah 1 Sragen . Program ini akan memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dan berlatih di lingkungan kerja yang sesungguhnya.
  5. Mengidentifikasi Kebutuhan Industri: Workshop ini juga berfungsi sebagai wadah untuk mengidentifikasi kebutuhan industri terkait tenaga kerja, sehingga SMK Muhammadiyah 1 Sragen dapat mempersiapkan siswa sesuai dengan permintaan pasar kerja.
  6. Pemberian Informasi Karir: Workshop ini dapat memberikan informasi yang komprehensif mengenai peluang karir yang tersedia di industri terkait, sehingga siswa SMK Muhammadiyah 1 Sragen memiliki pemahaman yang lebih baik tentang prospek pekerjaan di masa depan.
  7. Pengembangan Keterampilan Soft Skills: Selain keterampilan teknis, workshop ini juga dapat berfokus pada pengembangan keterampilan soft skills, seperti komunikasi, kerjasama, kepemimpinan, dan kreativitas, yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Pada kesempatan worskshop hari pertama hadir tim dari PT Optimal Sragen yang di pimpin langsung oleh Ownernya yaitu Ir. Atika Rufaida. Beliau menyampaikan tiga hal dalam selesksi karyawan baru di PT OPtimal Sragen. Ketiga hal tersebut adalah IQ, EQ, dan SQ. Beliau menjelaskan detail tentang ketiga hal tersebut:
1. IQ merupakan hasil pengukuran dari kecerdasan kristal, yaitu kecerdasan yang terbentuk atas proses pembelajaran dan pengalaman hidup. IQ menggambarkan kemampuan seseorang dalam berpikir, mengolah, menguasai lingkungan, dan bertindak secara terarah. Biasanya, IQ memiliki kaitan yang erat dengan pemecahan masalah logika, matematis, dan strategis.

2. EQ adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, dan mengontrol emosi dirinya dan orang-orang di sekitarnya. Kecerdasan emosional ini juga berbicara tentang perasaan diri sendiri dan orang lain, empati, cinta, motivasi, serta kemampuan menanggapi berbagai situasi yang ada. Hal-hal ini sangat penting dalam dunia kerja. Faktanya, kamu tidak akan bekerja sendiri. Kamu akan berurusan dengan banyak pihak, seperti rekan kerja, atasan, hingga klien. Untuk itu, diperlukan kecerdasan emosional yang baik agar kamu bisa menjalin kerja sama yang baik pula.

3. Selain IQ dan EQ, ada satu kecerdasan lainnya yang jarang dibahas, yaitu spiritual quotient (SQ). Menurut Psychreg, SQ justru merupakan kecerdasan seseorang yang paling mendasar.  Mereka mendefinisikan SQ sebagai kecerdasan untuk mengembangkan kapasitas seseorang dalam mencari makna, visi, dan nilai hidupnya. Dengan memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi, seseorang bisa bermimpi dan berusaha keras untuk menggapainya. SQ mendorong seseorang untuk mengeksplorasi dirinya agar bisa menemukan dan mengembangkan potensi terbaik hingga akhirnya hidup pun menjadi lebih bermakna. Seperti yang telah Glints sebutkan pada bagian sebelumnya, salah satu perbedaan IQ, EQ, dan SQ adalah kategori atau aspeknya.