MENGENAL LEBIH DEKAT NAHKODA PR IPM SMK MUH. 1 SRAGEN

Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) adalah organisasi otonom Muhammadiyah yang merupakan gerakan Islam, dakwah amar ma’ruf nahi mungkar di kalangan pelajar, berakidah Islam dan bersumber pada Al-Qur’an dan Al-Sunnah. IPM saat ini terdapat di 34 provinsi se-Indonesia.

IPM berasaskan Islam namun sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dasar negara Indonesia. IPM memilki maksud dan tujuan:

Terbentuknya pelajar muslim yang berilmu, berakhlaq mulia, dan terampil dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi ajaran Islam, sehingga terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

IPM memiliki lambang organisasi berupa segi lima berbentuk pena yang berwarna hijau yang berarti keabadian dan keilahian, bergambar matahari berwarna kuning (melambangkan ortom Muhammadiyah dan keagungan) dan buku ditengahnya berwarna putih (melambangkan pengetahuan dan kesucian). Pada bulatan matahari terdapat tulisan Nuun Wal Qalami Wamaa Yasthuruun (demi pena dan apa yang dituliskannya) yang merupakan semboyan IPM. Sementara tulisan IPM sendiri berwarna merah yang berarti IPM berani secara aktif menyampaikan dakwah Islam, sebab IPM merupakan pelopor, pelangsung dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah.

Latar belakang berdirinya IPM tidak terlepas dari latar belakang berdirinya Muhammadiyah. Didirikannya IPM diperlukan Muhammadiyah untuk mendukung misi Muhammadiyah di tengah situasi dan kondisi politik Indonesia masa Orde Lama yang sedemikian berat dan sulit.

Rintisan pendirian organisasi pelajar Muhammadiyah sebenarnya telah ada sejak tahun 1919, tetapi pada Konferensi Pemuda Muhammadiyah tahun 1958 di Garut ditetapkan bahwa organisasi Pelajar Muhammadiyah berada dalam pengawasan Pemuda Muhammadiyah.

KETUA UMUM IPM RANTING SMK MUH 1SRAGEN

Assalamualaikum Halo Teman”
Kenalin Namaku Ratri Putrantiwi Nastiti biasa dipanggil Ratri , aku adalah salah satu Siswi SMK Muhammadiyah 1 Sragen dengan jurusan Menejemen Perkantoran dan Layanan Bisnis , aku Lahir di Sragen, tepat pada 26 Januari 2006, aku adalah anak nomor 3 bersaudara

Kedua orang tua hebat  yaitu ibuku bernama Sumiati yaitu ibuku tercinta di usiaku yang masih balita berusia 45 hari ibu di panggil oleh sang maha kuasa walaupun aku tidak merasakan betapa rasa kasih sayang seorang ibu,sejak bayi aku di rawat oleh kakek dan nenek dan adik dari ibu kandungku disitulah aku dibesarkan oleh orng” yang ada di sekitarku dan menyayangiku.

Alhamdulillah Ayah menikah lagi dengan ibu sambung dan disitulah aku merasakan betapa rasa kasih sayang seorang ibu, Ayah dan ibuku sambung adalah seorang wiraswasta merantau jualan pakaian, penghasilan dan kondisi perekonomian orang tua ku begitulah, kesederhanaan menyelimuti keluarga kami.

Riwayat Pendidikanku,

Mulai dari TK POLONG 1, yang terletak Lumayan jauh dari rumahku,  tumbuh seperti anak pada umumnya dengen ditinggal bekerja oleh kedua orang tua ku,lalu aku bersekolah di SD N POLENG 1 yang terletak lumayan jauh dari rumah,temanku berkata aku adalah anak yang aktif dan rajin, Tak terasa 6 tahun telah terlalui dan aku melanjutkan sekolahku di SMP NEGERI 1 GESI yaitu sekolah favorit di daerahku, di sekolah itu Alhamdulillah aku dibilang Aktif dalam berorganisasi baik itu, Osis dan Pramuka  masa SMP ku setengahnya direnggut oleh COVID 19,dan tak terasa aku lulus dari SMP tercintaku.

Setelah selesai dari tingkat SMP, aku melanjutkan bersekolah di SMK muhammadiyah 1 sragen dengan mengambil  jurusan Menejemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.

Kenapa sih harus SMK muhammadiyah 1 sragen?

Karena di sekolah ini aku bisa terus menerus dan selalu mencari pengalaman diluar sekolah , mengembangkan potensi diri, serta mendapat banyak relasi, serta sekolah ini juga SMK berbasis islami, tetap aktif di jalan yg baik, Alhamdulillah Allah memberikanku Tanggung jawab sebagai pembina Pramuka tingkat SD disitulah sedikit demi sedikit bisa menambah uang saku , dan akupun juga mengikuti kegiatan Organisasi Dewan Kerja Ranting yang dimana menambah pengetahuan kedewasaan diri dan tanggung jawab sebagai seorang Pembina.

Di SMK muhammadiyah 1 sragen ini aku mengikuti salah satu organisasi atau ekstrakurikuler loohhh, yaitu IPM (ikatan pelajar muhammadiyah) kurang lebih aku menjadi anggota IPM selama 1 tahun dengan menjadi anggota pengkaderan , tepat pada MUSYRAN (Musyawarah Ranting) 10 Februari kemarin Allah titipkan satu jabatan untukku yaitu menjadi seorang Ketua umum (KetUm) selama satu periode kedepan. Harapan ku di organisasi ini dan untuk organisasi serta sekolah ini adalah semoga aku dan temen temen IPM semua bisa bertanggung jawab secara penuh atas jabatan yg telah diterimanya, semoga Allah lancarkan jalan kita pada forum yang mulia ini, dan mampu istiqomah untuk bertanggung jawab atas segala tugas.

SEKRETARIS UMUM, MILANESTI

Assalamu’alaikum, haloo semuaa…!!!

Kenalin aku Milanesti putri susyanti atau panggil aja aku milaa, aku adalah salah satu siswi di SMK kita tercinta ini tak lain tak bukan SMK muhammadiyah 1 sragen dengan jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga, aku lahir di sragen, tepat pada 22 Januari tahun 2006. Aku anak semata wayang atau satu satunya dan lahir dari kedua orang tua hebat yaitu Ibuku tersayang yang bernama Ngatini dan Ayahku tersayang bernama Dwi Susyanto. Ayah dan ibuku adalah seorang wiraswasta, yang sehari hari mencari nafkah untuk keluarga kita dengan membuka warung makan kami didepan rumah, dengan menjual berbagai macam lauk sehingga penghasilan dan kondisi perekonomian orang tua ku begitulah kondisi nya, kesederhanaan menyelimuti keluarga kami.

RIWAYAT PENDIDIKANKU

          Riwayat pendidikan ku , dimulai dari TK aku bersekolah di TK PERTIWI 1 Tunggul, yg terletak di dekat rumahku, aku tumbuh seperti anak pada umumnya dengan ditinggal bekerja oleh orang tua ku, lalu aku bersekolah di SD N Tunggul 1 yakni sekolah dasar yg berada didekat rumahku juga agar memudahkan transportasi, kata orang orang disekitar ku, aku adalah anak yg terhitung lebih cerdas dan kreatif dari teman teman sebaya ku, selama 6 tahun bersekolah di sekolah dasar tersebut, aku tidak pernah turun dari peringkat 3 besar. Serta aku juga dikenal sering mengikuti beberapa perlombaan non akademis yakni berupa lomba puisi, geguritan atau puisi Jawa, pidato atau khitabah , serta menari. Tak terasa 6 tahun telah terlalui dan aku melanjutkan sekolahku di SMP NEGERI 1 GONDANG yaitu sekolah favorit di daerahku, di sekolah itu Alhamdulillah akupun memasuki kelas unggulan sehingga otak dan pengalaman ku selalu di asah dan aku mengikuti kelas tambahan dengan jurusan IPS, masa SMP ku setengahnya direnggut oleh COVID 19,dan tak terasa aku lulus dari SMP tercintaku.

       Setelah selesai dari tingkat SMP, aku melanjutkan bersekolah di salah satu pondok pesantren, setelah sekitar 2 bulan, aku mengalami kendala yang membuatku harus pindah tempat mencari ilmu. Lalu aku dengan yakin sepenuh hati, aku memilih untuk bersekolah kembali di SMK muhammadiyah 1 sragen dengan jurusan Akuntansi. *kenapa sih harus SMK muhammadiyah 1 sragen? Karena di sekolah ini aku bisa terus menerus dan selalu mencari pengalaman diluar sekolah tanpa terikat asrama, mengembangkan potensi diri, serta mendapat banyak relasi, serta sekolah ini juga SMK berbasis islami, tetap aktif di jalan yg baik. Dan alhamdulilah allah titipkan aku kreativitas serta keahlian di bidang kerajinan sehingga aku dapat merintis usaha kecilku yakni Nesti.craft, aku menjual berbagai jenis buket, hadiah, hampers, dan lain lain secara online dan Alhamdulillah nesti.craft sangat membantu kondisi ku, kepoin usaha ku yuk, instagram nya @nesti.craft

 okeii kembali ke topik utama, Disekolah SMK muhammadiyah 1 sragen ini aku mengikuti salah satu organisasi atau ekstrakurikuler loohhh, yaituIPM (ikatan pelajar muhammadiyah) kurang lebih aku menjadi anggota IPM selama 1 tahun dengan menjadi sekretaris 1 , tepat pada MUSYRAN (Musyawarah Ranting) 10 februari kemarin Allah titipkan satu jabatan untukku yaitu menjadi seorang sekretaris umum (SekUm) selama satu periode kedepan. Harapan ku di organisasi ini dan untuk organisasi serta sekolah ini adalah semoga aku dan temen temen IPM semua bisa bertanggung jawab secara penuh atas jabatan yg telah diterimanya, semoga Allah lancarkan jalan kita pada forum yang mulia ini, dan mampu istiqomah untuk bertanggung jawab atas segala tugas.

IPM? JAYAAA!!!

SMK? BISAA….

SMK? HEBAT….