PR IPM SMK MUHISRA ADAKAN TARUNA MELATI I

Sragen, PR IPM SMK Muhammadiyah 1 Sragen mengadakan kegiatan tahunan Taruna Melati 1 pada 14-16 Oktober 2022. Diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Sragen kelas X dan XI. Pengkaderan ini bersifat wajib bagi siswa yang mengikuti Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah atau OSIS.

Tujuan utama pelatihan kader Taruna Melati adalah untuk melatih kepribadian diri sebagai kader pelajar Muhammadiyah. Bukan tanpa alasan, pengkaderan ini bertujuan juga untuk meneruskan estafet kepemimpinan Ikatan Pelajar Muhammadiyah atau organisasi lainnya. Pelajar Muhammadiyah perlu pemberdayaan agar tidak terjerumus ke arah yang salah.

Tema yang diangkat pada Taruna Melati tahun ini ialah “Hak, Kewajiban dan Pelajar Memajukan Peradaban Organisasi Sekolah”. Dengan tema tersebut diharapkan para kader penerus Muhammadiyah dapat menjadi pelajar berkemajuan yang Intregatif, mencerahkan, dan kreatif serta bisa menjadi teladan bagi peradaban yang akan datang.

Dengan mengamalkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar sebagaimana slogan Muhammadiyah semenjak pertama kali berdiri. Demikian para pelajar Muhammadiyah yang diperlukan Indonesia untuk meneruskan tampuk kepemimpinan bangsa kedepannya.

Acara Taruna Melati I di buka oleh kepala SMK Muhammadiyah 1 Sragen, Muhammad Nashir, S.Ag. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan pesan kepada peserta Taruna Melati yang berjumlah kurang lebih 35 anak agar bersemangat dalam menuntut ilmu. Kader IPM harus punya semangat untuk terus belajar dan menuntut ilmu setinggi mungkin, agar mampu menguasai peradaban di masa yang akan dating.

Adapun kegiatan Taruna Melati ini di isi denga berbagai macam kegiatan, diantaranya Ceramah dengan Materi – materi : Keislaman, Kepemimpinan, Kemuhammadiyahan, Pengenalan IPM dsb. Juga kegiatan sholat wajib berjama’ah, membaca Al Qur’an, Qiyamul Lail serta kegiatan outbond.